6 Level Perkembangan Bermain Buah Umur Dini (PAUD)




6 Level Perkembangan Bermain pada Buah Umur Dini (PAUD) Berdasarkan Para Spesialis.
Masa kanak-kanak acap kali disebut sebagai “Masa Bermain”. Pada masa ini buah hati benar-benar menyenangi permainan yang mengaplikasikan alat permainan.

Sejajar dengan pertambahan usianya, buah hati secara pelan-lahan akan meninggalkan permainan yang mengaplikasikan alat permainan. Buah akan beranjak menuju permainan yang tak mengaplikasikan mainan, melainkan dia konsisten berada pada masa bermain dan menyenangi aktivitas yang bersifat bermain.

Dengan demikian aktivitas bermain buah hati akan lewat tahap-tahap perkembangan yang berbeda searah dengan usianya.

Tahap-tahap perkembangan bermain buah hati umur dini, berdasarkan Mildred Parten lewat 6 tahap ialah :

1. Unoccupied Behavior / Gerakan Kosong
Buah sepertinya belum melaksanakan aktivitas bermain, cuma memperhatikan sesuatu sebentar saja. Umpamanya bayi memperhatikan jari tangan atau kakinya sendiri dan menggerakannya tanpa tujuan.




2. Onlocker Behaviour/Tingkah laku pengamat
Buah melihat buah hati yang lain yang sedang melaksanakan suatu aktivitas atau sedang bermain. Umpamanya seorang buah hati yang melihat sahabatnya sedang bermain petak umpat, tanap dia ikut serta bermain namun dia ikut merasa bahagia seolah dia ikut serta bermain.

3. Solitary Play / Bermain Soliter
Buah bermain sendiri mencari aktivitas sendiri, tanpa perduli dengan orang lain/ sahabat lain yang ada disekitarnya.

4. Parraley Play /Bermain Searah
Buah melaksanakan aktivitas bermain di antara buah hati yang lain tanpa ada elemen saling memberi pengaruh. Umpamanya buah hati bermain puzzle dan buah hati lain juga bermain puzzle, mereka ada bersama namun tak saling memberi pengaruh.

5. Associative Play / Bermain Asosiatif
Buah melaksanakan aktivitas bermain bersama buah hati lain namun belum ada pemusatan tujuan bermain. Umpamanya sebagian buah hati bermain menepuk-nepuk air di kolam bersama- sama.

6. Cooperative Play / Bermain Koperatif
Buah melaksanakan aktivitas bermain bersama-sama dengan sahabat secara terorganisasi dan saling berprofesi sama, ada tujuan yang berharap ditempuh bersama dan ada pembagian tugas yang disepakati bersama. Umpamanya bermain rumah-rumahan ada yang jadi bapak, ibu dan buah hati, masing-masing mempunyai tugas.
Buah membikin rumah-rumahan hal yang demikian dengan kain atau balok-balok dan bermain peran dengan boneka.

tahap perkembangan bermain buah hati tahap perkembangan bermain buah hati umur dini karakteristik dan tahap perkembangan bermain buah hati umur dini karakteristik bermain layak tahap perkembangan buah hati fase perkembangan bermain buah hati jelaskan tahap perkembangan bermain buah hati jenjang perkembangan bermain pada buah hati umur dini jenjang perkembangan bermain pada buah hati tahap perkembangan bermain pada buah hati umur dini tahap perkembangan emosionil dan sosial buah hati dalam bermain jenjang perkembangan bermain pada buah hati umur dini berdasarkan para pakar
Tahap perkembangan bermain yang dikemukakan oleh Mildred Parten ini lebih menekankan pada aspek sosialisasi buah hati dalam bermain. Artinya, bahwa aktivitas bermain yaitu ilustrasi progres sosialisasi yang dilewati buah hati semenjak lahir, masa bayi, masa kanak-kanak dan masa buah hati pra sekolah sampai masa buah hati sekolah kelas permulaan.

Berikutnya Jean Piaget mengemukakan tahap perkembangan bermain buah hati yang lebih menekankan pada aspek perkembangan intelektual buah hati sebagaimana nampak pada bagan atau gambar diatas.

Tulisan ini yaitu satu kesatuan dari bahasan yang telah diberi tahu sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Sistem Merawat Wajah Berjerawat yang Pas Supaya Kulit Konsisten Sehat

Menawan Bukan Main, 11 Seni Tanah Air Ini Punya Darah Keturunan Tionghoa